Bootloop pada Smartphone Android

Bootloop

Bootloop

Bootloop

Kali ini saya akan membahas masalah Bootloop di Smartphone Android. Beberapa dari kalian yang punya Smartphone Android dan sering diutak atik pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata “Bootloop” . Bahkan rata rata orang yang hobi nya mengutak ngatik android nya pasti sudah pernah mengalami hal tersebut. Sebagian dari kalian yang baru pertama mengutak atik android atau biasa disebut newbie pasti akan panik ketika android kalian mengalami hal ini. Tidak perlu panik , jika kalian mengalami Bootloop, kunci nya harus sabar dan teliti pada apa yang kalian lakukan, dan coba flashback lagi kebelakang tentang apa yang kalian lakukan sebelum bootlop.

Sesuai dari kalimat nya yaitu “Bootloop” , yaitu Boot dan Loop. Boot adalah proses booting atau proses loading untuk masuk kedalam tampilan homescreen dari android nya sendiri , dan loop itu bisa dibilang perulangan. Jadi bisa disimpulkan bahwa BootLoop adalah proses Booting yang terus menerus terulang dan tidak bisa masuk ke homescreen.

Apa yang menyebabkan Bootlop ? Bootloop terjadi karena adanya kerusakan sistem (Crash dan semacamnya) pada saat ingin meload os atau script baru. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang ingin memodding atau memodifikasi android nya dengan cara mengganti OS bawaan (Stock ROM) dengan OS yang sudah dimodifikasi sendiri (Custom ROM), namun Bootloop juga bisa terjadi karena RAM dari Smartphone yang Overload (Melebihi batas maksimum) , maka dari itu jika kalian punya smartphone android yang terbilang “minim” dari sisi spek, harap perhatikan aplikasi nya, kalau bisa.. install aplikasi yang menurut kalian penting . Sebenarnya masih banyak penyebab lainnya. contoh nya seperti mengganti font, merubah framework dan SystemUI sendiri tanpa mengetahui secara detail , dan merubah icon. masih banyak penyebab dari bootloop namun tergantung dari smartphone nya sendiri, setiap smartphone mempunya penyebab-nya masing masing.

Sebenarnya untuk mengatasi Bootloop itu mudah , cukup dengan install ulang firmware atau OS bawaan dari Smartphone tersebut. di artikel selanjutnya saya akan memberitahu cara mengatasi Bootloop pada Smartfren Andromax – i.

terimakasih telah membaca artikel Bootloop pada Smartphone Android ini Sekian dari penjelasan saya, diharapkan semuanya bisa mengerti dan semoga bermanfaat bagi yang hobinya otak atik android nya sendiri .

One thought on “Bootloop pada Smartphone Android

  1. Pingback: Mengatasi Bootloop Andromax - i | BharatAnet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>