Ide Bisnis Kreatif

Ide bisnis kreatif Menurut saya, begitu mudahnya mendapatkan ide bisnis di internet. Yang sulit, berkomitmen menjalankannya dengan sungguh-sungguh dan fokus. Tapi ada juga yang bertanya-tanya, mau bisnis apa, ya? Pertanyaan ini sering muncul tidak hanya buat sahabat saya yang belum punya blog.

 ide bisnis kreatif.

ide bisnis kreatif.

Mereka yang sudah punya blog pun, sering bertanya dan berandai-andai. Malah kelamaan mimpi, nanti bisa kabur rejekinya, lho :). Mudah-mudahan dari sekarang kita tidak akan menyiakan-siakan waktu lagi, dan memanfaatkan terus waktu dengan ide bisnis kreatif.

Kalau kita perhatikan di angkot, bis atau kereta, banyak orang yang melamun. Kalau melamunnya berkualitas, banyak berdzikir atau bersholawat, Mah, ngga masalah! Hehehe, emang ada melamun yang tidak berkualitas, ya? Mimpinya gede, saking gedenya pengen ini dan pengen itu, tapi action-nya kebanyakan tidak ada! Jadinya tameng ”Kudu Fokus” mesti diperkuat lagi agar dapat melawan berbagai godaan lamunan angan-angan dan kesia-siaan yang kerap dihembuskan oleh makhluk terkutuk.

Saran saya lebih baik kalau mulai buka usaha itu mulai dari kemampuan diri sendiri. Misalnya jago bahasa Inggris, kenapa tidak buka jasa translator online? :) Yang jago masak, kenapa ngga bikin kursus masak ya? Atau buka catering online. Misalnya punya komputer dan bisa ngetik, nah peluang tuh bikin jasa pengetikan. Jago bikin cerita atau nulis, peluang buat dibikin buku.

Sebisa mungkin hindari yang namanya berhutang kalau nanti berbuntut panjang. Kalau berhutang sama teman untuk usaha, tidak sedikit berujung masalah karena uang, yang akhirnya  berakibat putus tali silaturahim dan hubungan.

Gimana, sudah ketemu idenya? Kalau masih mentok juga, paling gampang coba bikin cerita sehari-hari atau mau dicampur dengan promosi atau tip trik ilmu yang bisa kita bagi buat pengunjung blog nanti. Kita bagi aja dulu apapun yang bisa kita bagi dalam bentuk tulisan. Kalau perlu buat daftar di kertas catatan, sempatkan corat-coret apa yang sudah mulai terlihat. Kemampuan apa yang dimiliki. Dalam sepuluh tahun ke belakang kejadian atau apa yang boleh jadi menjadi ”tanda” buat kita, namun kita tidak pernah menggubrisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>