OCS GLPI aplikasi manajemen inventory

OCS GLPI. Ada satu perusahaan yang memiliki 25 komputer terkoneksi jaringan yang berada di satu gedung dengan beberapa lantai. Komputer tersebut dimaintain oleh 1 teknisi komputer. Salah satu tugasnya menjaga komputer tersebut tetap berjalan lancar.

ocs glpi inventory system 1

ocs glpi inventory system

Satu ketika atasannya minta teknisi tersebut memberikan informasi berapa kapasitas memory dan harddisk yang ada di masing-masing komputer. Atasan tersebut menginginkan laporan komputer yang lambat, space harddisk yang sudah makin menipis dan komputer siapa saja yang sering bermasalah, baik hardware dan softwarenya. Laporan tersebut harus diberikan dalam minggu ini.

Rupanya, atasan itu ingin meningkatkan performance komputer yang sudah ada. Diharapkan karyawan yang menggunakan komputer dapat bekerja dengan lebih nyaman dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika teknisi itu sudah menggunakan software OCS GLPI, tentu hal ini dapat menunjang pekerjaan. Sehingga permintaan detil seperti ilustrasi di atas dapat disajikan dengan lengkap, cepat dan akurat. Sebaliknya, jika teknisi tersebut belum menggunakan software apapun, pekerjaan tersebut dapat menjadi hambatan dan report tidak bisa disajikan cepat.

Seputar GLPI dan OCS

OCS GLPI adalah open source berbasis web yang menangani fungsi helpdesk dan asset management system. Di dalamnya terdapat fitur yang mengumpulkan informasi komputer (Personal Computer atau Notebook) dalam satu jaringan LAN. Informasi yang dikumpulkan seperti merk komputer, memori, harddisk, monitor, serial number dan lainnya.

Aplikasi berbasis web ini dibangun dengan bahasa pemograman PHP dan database MySQL.

OCS GLPI dapat optimal mengumpulkan informasi

Fungsi tambahan yang ada di GLPI :

1.    Merekam problem yang biasanya digunakan oleh tim helpdesk dan teknisi. Status problem sudah solve atau masih progress dapat di monitor melalui menu yang ada.
Jika problem sudah solved, user yang ada dapat menerima email notifikasi bahwa problem sudah selesai.
2.    Dapat diintegrasikan dengan LDAP, sehingga daftar seluruh user yang terkoneksi dalam jaringan dapat dimonitor sesuai dengan nama dan emailnya otomatis.
3.    Merekam informasi software yang terinstall di dalam komputer
4.    Merekam informasi hardware yang ada di dalam komputer (peripheral, printer, monitor)
5.    Mencatat contract dan agreement
6.    Dukungan multi bahasa, 41 bahasa
7.    Dukungan plugin yang dapat digunakan sesuai fungsinya
8.    Report dalam bentuk statistic
Manajemen pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)

Incoming search terms:

  • yhs-default

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>