Cara Mempartisi Hardisk Menggunakan EPM

cara partisi hardisk epmCara Mempartisi Hardisk. Bagaimana mengatur hardisk yang sudah dipartisi kemudian kita ingin partisi lagi? Kini sudah bukan hal yang sulit lagi. Kalau kita Googling, beberapa tools dapat kita gunakan seperti EaseUS Partition Master 9.0 Home Edition. Dengan software gratis ini, kita melakukan berbagai aktifitas berkaitan manajemen hardisk dengan mudah.

Versi ini EPM atau Easus Partition Magic menambahkan fitur baru, yaitu menggabungkan partisi yang berdampingan tanpa kehilangan data merge partition. Untuk berbagai alasan, kadang kita perlu menggabungkan 2 partisi atau lebih di hardisk karena mungkin ukurannya terlalu kecil, atau kita butuh space yang lebih besar untuk partisi tertentu. Dengan fitur ini, kita bisa menggabungkan drive C yang merupakan sistem dengan drive D misalnya.

Partisi Hardisk Windows 7

Bagaimana cara mem partisi hardisk windows 7 ? Pertanyaan ini kerap kali muncul di pengguna komputer. Ya, dengan mem partisi nya kita akan banyak dimudahkan dalam pengelolaan file ke depannya.

Partisi dapat dibuat oleh pengguna menggunakan soft partisi (seperti halnya utilitas DOS/Linux fdisk, fips, Disk Druid, utilitas Windows diskpart, atau produk komersial Symantec Norton Partition Magic). Dengan mempartisi, sebenarnya kita memformat engan memberinya sebuah sistem berkas tertentu.

Dalam membuat partisi, maka sebenarnya yang dilakukan oleh pengguna tersebut adalah membuat sebuah ruang dari hard disk yang dimilikinya. Dalam sistem x86 serta x86-64, daftar isi yang dibuat adalah tabel partisi, yang disimpan di dalam Master Boot Record. Membuat beberapa partisi di dalam sebuah hard disk, memudahkan dalam mengelola file sehingga menjadikannya terlihat sebagai beberapa hard disk, meski jumlahnya dibatasi oleh skema partisi yang digunakannya. Dalam sistem x86 serta x86-64, partisi utama yang dapat dibuat hanyalah empat buah saja, sementara sistem IA-64 dapat mendukung partisi hingga 128 buah. Sistem operasi akan menganggap partisi-partisi yang berbeda ini dianggap sebagai sebuah media penyimpanan yang berbeda. Membuat beberapa partisi dalam sebuah hard disk akan lebih memudahkan dalam melakukan manajemen data pengguna.

partisi hardisk windows 7

partisi hardisk windows 7

Mungkin pada saat awal kita menggunakan komputer tidaklah terlalu terasa manfaatnya. Namun sejalan dengan waktu, partisi ini mendesak harus di eksekusi untuk kemudahan pengelolaan file tersebut.

  1. Adapun langkahnya klik Start >> Control Panel >> System and Maintenance >> Administrative Tools >> Computer Management.
  2. Klik Disk Management.
  3. Klik kanan pada teks unallocated region on your hard disk, kemudian klik New Simple Volume.
  4. Jika ada tampilan New Simple Volume Wizard, klik Next.
  5. ketikkan jumlah volume dalam ukuran MB, kemudian Next.
  6. Pilih default nama drive, kemudian klik Next.
  7. Jika ada tampilan Format Partition, pilih
    • Jika tidak ingin memformat hardisk, klik Next
    • Jika ingin memformatnya, klik Next
  8. Setelah muncul tampilan review, klik Finish.

Semoga panduan singkat cara partisi hardisk windows 7 ini bermanfaat.